4 Fakta Dibalik Hilangnya Jack Ma

4 Fakta Dibalik Hilangnya Jack Ma

Seperti peribahasa tiada asap tanpa adanya api, kabar hilangnya Jack Ma, CEO dari perusahaan AliBaba, cukup menggemparkan khalayak ramai. Hilangnya Jack Ma ga mungkin terjadi tiba-tiba tanpa sebab apapun. Jack Ma dikabarkan hilang dari dunia internet sejak bulan Oktober, 2020 dan tidak dapat terlihat lagi terhitung sejak kritikannya terhadap pemerintahan China terpublikasikan.

Sekarang pertanyaannya adalah benar ga sih Jack Ma benar-benar hilang? Kenapa sih Jack Ma sampai harus menghilangkan diri dari public? Dan kejadian apa yang sebenarnya telah terjadi?

1.  Menghilang untuk Menghindar

Beberapa jurnalis berpendapat bahwa Jack Ma sebenarnya tidak benar-benar hilang. “Ia hanya berusaha menghidar saja dari sorotan publik”, ungkap David Faber salah satu jurnalis CNBC International. Mematahkan isu yang telah beredar, menurut David Faber, Jack Ma tidak ditangkap oleh pemerintahan Cina. Melainkan, ia memilih berdiam diri di kota pusat Alibaba Group, Hangzhou, China. Demi keberhasilan misinya untuk menghilang dari publik, Jack Ma bahkan tidak lagi memainkan akun Twitternya sejak Oktober 2020. Selain itu, Jack Ma sengaja tidak menghadiri acara “Africa’s Business Heroes” yang seharusnya ia menjadi juri di acara tersebut.  

Terus kenapa Jack Ma harus menghindar?

2.  What Actually Happen: Jack Ma vs. Pemerintahan Cina

Ambisi dan misi Jack Ma untuk memperbaiki dunia dan regulasi finansial Cina sepertinya harus diurungkan terlebih dahulu. Kenapa? Karena tidak semuanya berjalan sesuai dengan perkiraannya. Jack Ma terpaksa harus menghadapi dampak dari kritikannya terhadap pemerintahan Cina pada Oktober tahun lalu. Berawal pada kehadiran Jack Ma di suatu forum, maka Jack Ma harus mau berurusan panjang dengan pemerintahan Cina. Di dalam forum tersebut, Jack Ma berpendapat bahwa peraturan pemerintahan Cina di dunia perbankan menghambat berjalannya inovasi bisnis. Jack Ma menyerukan bahwa revolusi sistem keuangan sangat diperlukan negara Cina.

 “Sistem keuangan saat ini adalah warisan dari Era Industri,” disampaikan Jack Ma dalam pidatonya. “Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini.” Ia pun menyebut peraturan pemerintahan yang sekarang sedang diterapkan di Cina sebagai peraturan “klub orang tua”.

Nah, hal inilah yang menjadi penyebab menegangnya hubungan antara pemerintahan Cina dan Jack Ma. Maksud baik Jack Ma tidak dapat diterima oleh pemerintahan Cina.  Pendapat Jack Ma tersebut bahkan membuat partai komunis marah dan tersinggung.

3.  Kehilangan 37 Miliar Dolar; Pil Pahit Yang Harus Ditelan Jack Ma

Setelah kritikan Jack Ma sampai ke telinga pemerintahan Cina, Jack Ma harus menelan pil pahit berupa ditangguhkannya penawaran umum perdana (IPO) Ant yang dibatalkan oleh Shanghai Stock Exchange. Terus gimana dong? Akhirnya, Ant atau perusahaan afiliasi Alibaba Group harus mengalami kerugian sebesar 37 miliar dolas AS setelah kejadian ini. Padahal, sebenarnya IPO perusahaan Ant telah menerima lampu hijau dari pengawas sekuritas Tiongkok sebelumnya. Bahkan, sempat digadang-gadang akan menjadi salah satu IPO terbesar di dunia saat itu.

Dan ya.. alhasil, pembatalan IPO ini ikut menjadi penyebab terperosoknya harga saham Alibaba di New York Stock Exchange (NYSE). Saham Alibaba di NYSE terpantau anjlok lebih dari 8%. Ditambah lagi, saham Alibaba juga turun melebihi dari 9% di bursa HongKong.

Tidak hanya itu! Seperti telah ditabuhkan genderang perang, pemerintah Tiongkok juga  meluncurkan investigasi antitrust terhadap perusahaan-perusahaan Jack Ma, Alibaba Group, terkait pajak dan akhirnya menjatuhkan denda senilai miliaran rupiah.

4.  Ketegangan Yang Terus Berlanjut

Tidak berhenti di pembatalan IPO saja, setelah pembatalan IPO, Ant diminta oleh Bank Sentral China (PBoC) untuk membentuk rencana kerja yang baru dan merombak bisnisnya segera. Di bawah struktur bisnis perusahaan yang baru, bisnis Ant akan mendapat banyak batasan di kemudian hari. How? Struktur bisnis yang baru akan memaksa perseroan melepas saham di beberapa perusahaan, aturan itu juga bakal membatasi kemampuan Ant memberikan pinjaman yang besar seperti beberapa tahun belakangan.

Nah.. menurut kamu gimana nih nasib Alibaba group kedepannya? Akankah terus ada dibalik bayang-bayang pemerintahan? Terus untuk cita-cita Jack Ma untuk mereformasi sistem keuangan Cina saat ini bakal tercapai ga ya?

Takeaway your news! Dapatkan konten eksklusif langsung ke email kamu!

Tulis email kamu dibawah ini. Gratis, tanpa komitmen