Grafis Artikel 4 (16)

Mengenal Lebih Jauh: Apa Itu Indeks LQ45

Finally, Menurut laman CNBC Bursa Saham Indonesia mengalami perubahan yang signifikan sejak minggu ke-2 bulan November 2020. Terpantau 3 emiten LQ45 menjadi pemenang di Bursa Saham Indonesia dalam 6 hari sejak saat dibukanya Bursa Saham. Saham-saham LQ45 yang menjadi pemenang tersebut adalah saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP), dan yang terakhir konstruksi Pelat Merah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Wait…tapi sebenernya apa sih Indeks LQ45? Yuk cari tahu lebih lanjut apa Indeks LQ45!

Dimulai Dari Definisi Indeks LQ45

LQ45 merupakan salah satu dari 36 indeks yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks LQ45 adalah daftar yang berisi 45 emiten yang telah melewati penilaian dan kriteria atas likuiditas mereka. Apabila suatu emiten telah lolos dari penilaian, maka emiten tersebut dapat masuk ke dalam Indeks LQ45.

Kenapa Harus Ada Indeks LQ 45?

Demi pertumbuhan dunia saham Indonesia perlu dibuat suatu parameter yang akan memudahkan analisis pemerhati sektor saham. Nah, itu tujuan dibuatnya indeks LQ45, untuk menjadi acuan transaksi yang objektif dan terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, dan pemerhati pasar modal lainnya. Sehingga dapat terbentuk laju perdagangan saham yang positif dan terus meningkat.

Tujuan yang kedua adalah untuk mengukur sentimen pasar. Sentimen positif atau negatif pasar terhadap suatu saham dapat dilihat dari daftar indeks LQ45. Kalau ada beberapa emiten yang terpaksa harus keluar dari daftar LQ45, bisa jadi karena sentimen pasar yang negatif terhadap emiten tersebut. Sebaliknya, apabila ada emiten-emiten baru yang masuk ke dalam daftar LQ45, bisa jadi itu karena sentimen positif pasar.

Cara Kerja Evaluasi Indeks LQ45 dan Penggantian Sahamnya

Untuk mempertahankan keabsahan Indeks LQ45 sebagai acuan transaksi, Bursa Efek Indonesia  perlu loh untuk memantau perkembangan kinerja emiten-emitennya! Termasuk emiten-emiten di dalam Indeks LQ45. Apabila ada emiten yang sudah tidak masuk kriteria maka akan diganti dengan emiten lain yang memenuhi syarat. Penggantian saham dilakukan setiap enam bulan sekali. Kapan aja tuh?  Penggantian saham dilakukan pada awal bulan Februari dan Agustus. Sehingga LQ45 bisa saja dinamis jika beberapa emiten terpaksa harus keluar dan digantikan oleh emiten lainnya.

Penasaran ga apa parameter evaluasi LQ45? Nah, salah satunya parameter evaluasinya adalah likuiditas saham emiten. Kenapa bisa gitu? Jadi, apabila pembelian saham salah satu emiten susah dilakukan, misal karena harga yang terlampau mahal, emiten tersebut akan terancam posisinya. Hal itu terjadi karena hanya emiten dengan likuiditas yang baik lah, yang lebih dipilih oleh BEI untuk masuk ke daftar Indeks LQ45. Emiten dengan likuiditas yang buruk kemungkinan akan keluar dari daftar.

Siapa Sih Penentu Daftar Indeks LQ45?

Yap, sebagai lembaga keuangan yang sudah seharusnya netral dan adil, BEI mempunyai komite penasehat yang terdiri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Para Profesional di bidang pasar modal.  Komite penasehat tersebut tugasnya adalah membantu penentuan emiten mana saja yang seharusnya masuk ke dalam LQ45. Selain itu komite penasehat tersebut juga turut ambil andil dalam penggantian daftar saham yang dilakukan BEI.

Setelah membaca poin-poin diatas, semoga kalian lebih terbantu dan mengerti akan pentingnya Indeks LQ45 yah

Keep updated with us! See you on other article!

Takeaway your news! Dapatkan konten eksklusif langsung ke email kamu!

Tulis email kamu dibawah ini. Gratis, tanpa komitmen