Nasib Nelayan ada di Tangan Edhy Prabowo

Nasib Nelayan di Tangan Edhy Prabowo?

Benih lobster merupakan salah satu komoditi unggulan nelayan Indonesia. Namun, rakyat Indonesia cukup dikagetkan dengan ditangkapnya Edhy Prabowo, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, mengenai tuduhan suap perizinan tambak. Hal ini menimbulkan pertanyaan akan kinerja menteri pengganti Ibu Susi Pudjiastuti tersebut. Aksi ciduk-menciduk yang dilakukan KPK terhadap Edhy Prabowo pada hari Rabu, 25 November 2020, mengakibatkan keresahan pada masyarakat khususnya nelayan Indonesia. Kenapa sih sampai ditangkap? Penangkapan tersebut dilakukan oleh KPK terkait dengan dugaan korupsi benih lobster yang dilakukan oleh Edhy Prabowo.

What’s that you should know?

Ekspor benih lobster ke luar negeri merupakan salah satu program Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk mendistribusikan benih lobster ke beberapa negara salah satunya negara Taiwan dan Vietnam. Benih lobster merupakan komoditi laut dengan nilai jual yang tinggi. Progam ekspor benih lobster ini sebelumnya di regulasi pada periode Ibu Susi Pudjiastuti. Pada periode sebelumnya, Ibu Susi Pudjiastuti membatasi pendistribusian benih lobster tersebut sehingga harga benih lobster dapat mencapai angka Rp 150.000 per ekornya. Di era Ibu Susi terdapat pelarangan pengambilan pada benih lobster yang sedang bertelur, yaitu panjangnya yang kurang dari 8 cm dan berat dibawah 200 gram.

Namun setelah pergantian periode, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan digantikan oleh Edhy Prabowo. Setelah periode Edhy Prabowo regulasi ekspor benih lobster pun berubah. Edhy Prabowo membuat kebijakan baru dengan membuka keran ekspor benih lobster. Karena dirubahnya regulasi ekspor benih lobster kini harga benih lobster hanya diangka Rp 10.000 – Rp 30.000 per ekor. Penurunan harga ini cukup signifikan bila dibanding harga benih lobster sebelumnya.

Jadi, gimana dong nasib nelayan kita?

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia mengakui bahwa nelayan tidak diuntungkan dengan adanya kebijakan baru yang dibuat oleh Edhy Prabowo. Menurut Bapak Lampung Bayu, sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, keuntungan kebijakan ekspor lobster yang baru hanya menjadi kesenangan bagi eksportir saja. Karena harga satu ekor benih hanya mencapai Rp 30.000 per ekor. At the end, cuma eksportir yang paling diuntungkan karena dapat menjual benih lobster tersebut pada harga yang tinggi.

Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya payung hukum yang jelas yang dapat mengatur proses pengambilan benih lobster. Akibatnya, nelayan masih ilegal mengambil benih lobster yang ada. Dampaknya pengambilan lobster secara ilegal adalah dipermainankannya harga dan kenaikan yang tidaklah signifikan. Sedangkan berbeda jauh dengan era Ibu Susi, nelayan konservatif kepada biota laut yang ada. Mulai dari kebijakan pelarangan cantrang dan alat tangkap sehingga tumbuhlah semangat nelayan untuk menjaga laut.

Kok bisa sih Edhy Prabowo ditangkap?

Setelah Edhy Prabowo mengeluarkan kebijakan baru yang terasa timpang tersebut. Justru Edhy ditangkap KPK atas tuduhan kasus suap terkait perizinan tambak, usaha, dan  pengelolaan perikanan lainnya pada tahun 2020. Menurut Nawawi, saat penangkapan Edhy Prabowo dan rekan-rekannya pada tanggal 25 November, ditemukan sebuah Debit Card BNI atas nama Ainul Faqih, sebuah tas Louis Vuitton, sebuah tas Hermes, baju Old Navy, sebuah jam Rolex, sebuah jam Jacob n Co, dan sebuah tas koper Tumi”.

Rekening bank itu diduga digunakan sebagai penampung dana dari beberapa pihak yang lalu dipergunakan Edhy Prabowo dan IRW (istrinya) untuk membeli sejumlah barang mewah di luar negeri dari tanggal 21 sampai tanggal 23 November 2020. Jumlahnya mencapai sekitar Rp 750 juta yang di antaranya berupa jam tangan Rolex, tas Tumi dan tas LV.

Jadi setelah membaca rangkuman kasus ekspor benih lobster yang belum ada ujungnya ini, gimana ya nasib nelayan kita selanjutnya? Akankah ada kebijakan yang baru lagi? Terus menurut kamu dengan ditangkapnya Edhy Prabowo dan kebijakan baru ekspor benih lobster akan kah berpengaruh pada kekuatan rupiah terhadap mata uang lain?

Keep it up with us guys! Tau gak sih Amazon bikin Data Center baru di Jawa Barat?

Takeaway your news! Dapatkan konten eksklusif langsung ke email kamu!

Tulis email kamu dibawah ini. Gratis, tanpa komitmen