Nasib Waskita Karya Setelah Keluar dari Daftar LQ45

Nasib Waskita Karya Setelah Keluar dari Daftar LQ45

Beriringan dengan dirilisnya daftar LQ45 oleh Bursa Efek Indonesia, 3 perusahaan harus rela melepas posisinya. Perusahaan yang terpaksa keluar adalah PT Barito Pacific Tb, PT Matahari Departement Store, dan PT Waskita Karya. Posisi 3 perusahaan tersebut digantikan oleh PT Merdeka Copper Gold, PT Mitra Keluarga Karyasehat, dan PT Summarecon Agung.

Mengapa bisa begitu?

For your information, penetapan anggota indeks LQ45 didapat dari hasil evaluasi dari otoritas bursa pada bulan Juli. Perusahaan yang sahamnya dinilai layak dapat masuk ke dalam daftar dan menjadi acuan transaksi. Padahal saham LPPF turun 2,86% ke angka Rp 1.360 per-saham. Sedangkan saham WSKT turun 2,82% ke angka Rp 690 per-saham.

Nah, terus kenapa harga saham PT Merdeka Copper Gold bisa naik? Hal ini dapat terjadi karena permintaan emas setelah pandemi yang terus meningkat. Sehingga harga saham emas pun juga meningkat. Sedangkan PT Mitra Keluarga Karyasehat dapat memiliki aset yang baik sebagai perusahaan farmasi. Maka, perusahaan ini dapat masuk ke dalam daftar indeks LQ45.

Eits! Perlu diperhatikan bahwa daftar indeks LQ45 hanya bisa ditempati oleh perusahaan dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar. Dari data diatas dapat disimpulkan adanya penurunan terus menerus pada nilai saham pada 3 perusahaan yang dikeluarkan dari indeks. That’s why perubahan isi daftar LQ45 harus dilakukan. Agar transaksi perdagangan terus meningkat dan indeks LQ45 tetap bisa dijadikan acuan transaksi.

Lalu bagaimana nasib mereka setelahnya?

Untuk kedepannya, nilai saham tertentu pasti akan meningkat akibat rebalancing portofolio reksa dana dan Exchange Trade Fund (ETF). Maka saham-saham baru di daftar LQ45 pun akan mengalami peningkatan transaksi. Kenapa? Karena saham-saham yang masuk ke dalam daftar LQ45 akan menjadi prioritas para manager investasi. Sebaliknya, saham yang terdepak keluar dari daftar akan mengalami penurunan harga. Namun bukan berarti nilai saham perusahaan yang terdepak akan terus menerus menurun. Kehadiran anggota baru di daftar indeks LQ45 hanya akan memberikan dampak jangka pendek bagi pergerakan indeks. Diperkirakan penurunan hanya akan terjadi sehari sampai 2 hari. Setelah itu pergerakan indeks saham akan kembali normal.

Takeaway your news! Dapatkan konten eksklusif langsung ke email kamu!

Tulis email kamu dibawah ini. Gratis, tanpa komitmen