Yuk Belajar Investasi Saham dari Han Ji Pyeong

Yuk Belajar Investasi Saham dari Han Ji Pyeong

Saat ini banyak millenial tertarik dengan dunia investasi. Siapa yang tak mau sukses muda dan memiliki passive income. Kita bisa memilih jenis investasi yang kita mau berdasarkan highrisk kita. Saham memang bisa naik 20-30% per-tahun atau bahkan per-bulan. Sayangnya orang-orang melewatkan fakta bahwa saham juga bisa turun 20-30% per-tahun atau bahkan per-bulan. Coba kita lakukan pemisalan investor dengan karakter drama korea Start Up yang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Han Ji Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon Ho.

Han Ji Pyeong a.k.a Kim Seon Ho cukup menarik perhatian para millennial Indonesia walaupun bukan peran utama. Kesuksesannya di bidang investasi menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton Start Up. Tentu salah satu platform investasi saham online di Indonesia tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk menjadikan Han Ji Pyeong sebagai brand ambassador platform tersebut. Hal ini dikarenakan karakternya sebagai Han Ji Pyeong dalam Start-Up dinilai dapat menginspirasi generasi muda untuk memulai berinvestasi.

Pembawaan karakternya menyiratkan pesan dan semangat bahwa generasi muda harus bekerja keras untuk mengejar mimpi serta cita-cita. Kesuksesan finansial bisa diraih di usia muda dengan edukasi dan akses investasi yang terbuka. Lalu apa saja yang bisa kita petik dari Han Ji Pyeong sebagai gambaran Investor muda?

1. Belajar Ilmu Saham Sejak Dini

Dalam tayangan episode awal, Han Ji Pyeong diperkenalkan sebagai anak panti asuhan yang memenangkan kejuaraan trading saham. Namun Han Ji Pyeong tidak dapat menekuni hal ini secara langsung karena masih dibawah umur dan tidak memiliki wali. Setelah bertemu dengan nenek penjual corn dog, ia membuktikan kemampuannya dengan melipatgandakan uang nenek tersebut dari 8 juta won menjadi 80 juta won hanya dalam setahun. Luar biasa bukan? Belajar dengan giat disini menjadi point penting untuk keberhasilan investasi seperti Han Ji Pyeong.

2. Berani Ambil Resiko

Jenis investasi yang dilakukan oleh Han Ji Pyeong adalah berinvestasi ke perusahaan-perusahaan rintisan atau startup yang masih belum memiliki keuntungan secara signifikan. Startup memiliki resiko dimana uang habis atau tidak balik modal karena sistemnya diawali dengan bakar uang terlebih dahulu untuk mendapatkan target market. Hal ini tidak membuat Han Ji Pyeong mengurungkan niatnya untuk berinvestasi. Ada saat dimana asisten Han Ji Pyeong memeriksa seluruh business planning yang dikirimkan ke perusahaan Han Ji Pyeong. Ia tidak segan-segan untuk berinvestasi apabila profil startup tersebut memiliki perencanaan bisnis yang jelas dan tertata.

3. Analisa Bisnis Sebelum Investasi

Dalam drama ini kita akan menyorot startup milik Nam Do San yaitu Samsan Tech. Samsan Tech masih awam akan bisnis dan investasi namun memiliki sumber daya manusia yang cukup kompeten. Berkali-kali Samsan Tech ditolak mentah-mentah oleh Han Ji Pyeong karena business planning mereka masih belum cukup jelas. Perubahan keputusan Han Ji Pyeong diawali dengan terbentuknya tim yang lebih jelas dan kompeten karena adanya Seo Dalmi sebagai CEO Samsan Tech yang baru.

4. Ikut Kontribusi dengan Perusahaan yang Didanai

Han Ji Pyeong, sebagai investor dia tidak langsung menyerahkan segala urusan bisnisnya ke perusahaan yang didanainya. Dia juga ikut berkontribusi dengan memberikan beberapa nasehat untuk mengembangkan dan menyukseskan perusahaan yang didanainya. Sebagai contoh seperti saat menentukan persentase saham, jenis produk yang akan dibuat, target pemasaran yang cocok dan pengembangan bisnis yang lebih luas. Kesuksesan Han Ji Pyeong tidak hanya karena perusahaan yang sudah mumpuni yang ia pilih tetapi juga kotribusi dan analisa Han Ji Pyeong sendiri yang cukup bijak.

Bagaimana millennial? Tertarik menjadi Han Ji Pyeong selanjutnya dan menggeluti dunia bisnis? Sebelum memulai bisnis baiknya kamu mengetahui istilah-istilah dalam dunia saham.

Takeaway your news! Dapatkan konten eksklusif langsung ke email kamu!

Tulis email kamu dibawah ini. Gratis, tanpa komitmen